Top Ads

Thursday 25 July 2013

10:34
Kendari - Puluhan proposal yang dinyatakan lolos dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) dimonitoring dan dievaluasi kembali oleh Dikti . Hal itu dilakukan agar sejumlah data yang dianggap kurang dan tidak tepat dapat diperbaiki oleh mahasiswa. Selain itu,  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rangka melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud implementasi tridharma perguruan tinggi. Melalui monitoring dan evaluasi (monev) ini akan ada tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan mahasiswa dalam membuat pelaporan penelitian pasalnya dari 87 judul yang telah diseleksi melalui monev, diseleksi kembali untuk diikutsertakan dalam pekan ilmiah nasional (pimnas) di Mataram bulan September mendatang.
Pembantu Rektor III UHO, Dr. Bahtiar mengatakan setelah melewati monev ini penelitian yang dilakukan mahasiswa ini akan kembali dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi dalam pimnas bulan September 2013 mendatang. "Melalui monev ini diharapkan akan ada koreksi tentang data-data dari penelitian mahasiswa yang mesti dilengkapi lagi. Jadi masih ada kesempatan untuk melakukan dapat pencarian data ulang jika data itu memang diperlukan. Pasalnya, kita punya batas waktu juga sampai bulan September 2013," ungkapnya.
Kompetisi dalam penelitian itu kata Bachtiar, sangat ketat karena diseleksi oleh pusat. Yang dinyatakan lolos seleksi, akan dibiayai oleh Dikti untuk menindaklanjuti proses penelitiannya. Saat ini sudah sekitar 70 persen biaya dikeluarkan untuk menindaklanjuti penelitian mahasiswa yang sementara berjalan. Untuk jumlah tergantung usulan dalam proposal masing-masing. "Kita berharap mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian riset dan pengabdian pada masyarakat," lanjutnya.
Menurut Bachtiar, jika dari 87 judul, ada lima yang lolos dalam kompetisi Pimnas, ada kemungkinan UHO menjadi tuan rumah Pimnas tahun berikutnya. Apalagi jika dalam kompetisi nasional itu bisa lolos dalam 10 besar. "Jelasnya penelitian yang lolos paling banyak itu adalah Fakultas Perikanan karena saat memprogramkan mata kuliah metodologi penelitian ditingkat fakultas, tugas wajib setiap mahasiswa membuat proposal untuk dirim ke PKM," tambahnya.
Ia mengharapkan, setiap fakultas yang belum terlibat dalam kegiatan itu, ikut mengembangkan penelitian mahasiswa agar kedepan semua fakultas yang ada di UHO bisa terlibat dalam PKM. "Saat ini masih ada empat fakultas belum berpartisipasi dalam kegiatan PKM ini. Ujung PKM ini adalah di Pimnas, sementara prosesnya adalah laporan hasil monev yang akan disampaikan kepada Dikti untuk diseleksi mengikuti pimnas. Semoga yang dinyatakan lolos dalam kompetisi nasional nantinya penelitian mahasiswa UHO mendominasi," harapnya.

0 comments:

Post a Comment