Top Ads

Wednesday 24 July 2013

01:24
Distan Konawe Sediakan Benih Gratis Bagi Petani
Andoolo - Pemkab Konawe Selatan mengganggarkan dana Rp 5 miliar untuk bantuan dan penataan infrastruktur pasca banjir. Ketua DPRD Konsel, Anshari Tawulo mengungkapkan dalam penetapan APBD-P yang akan digelar pekan depan, pihak pemerintah telah mengajukan dana tambahan tersebut. "Dari Rp 5 miliar itu, Rp 1 miliar diantaranya yang disisihkan sudah mulai disalurkan ke beberapa titik banjir yang melanda beberapa hari yang lalu," katanya.
Pendistribusian tersebut sudah mulai dilakukan dengan menyebarkan beberapa paket bantuan bagi kebutuhan dasar korban seperti Sembako, pakaian layak pakai dan lain sebagainya.
Selain itu, DPRD juga telah berkoordinasi dengan beberapa BUMN, BUMS, sektor perkebunan, pertambangan untuk membantu para korban banjir. Sementara itu, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan bantuan dana siap pakai kepada BNPB Kabupaten Konsel senilai Rp 100 juta. Selain itu BNPB juga menyerahkan satu unit perahu karet dengan kapasitas mesin 40 PK, 30 set family kit, 2 set peralatan masak, 36 set selimut dan 30 dos makanan siap saji.
"Penyerahan bantuan diberikan langsung Deputi Penanganan Darurat BNPB, Dody Ruswandi dan diterima Kepala BPBD Konsel, Iksan Porosi," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik, Mutakhir Hidayat, kemarin. Bantuan itu cukup membantu operasional anggota dalam menyalurkan bantuan tanggap darurat di berbagai lokasi bencana. "Selain itu bantuan dari Pemda melalui Dinas Sosial berupa beras sebanyak 87 ton. Dinas Kesehatan memberikan bantuan obat-obatan kepada warga yang sudah mulai terkena penyakit.
Sementara itu, di Konawe, sampai saat ini banjir masih menggenangi area persawahan di Konawe. Sedikitnya sudah tercatat lebih dari 4000 hektar yang dilaporkan terendam dan hampir dua ribu diantaranya dinyatakan gagal panen. Meski demikian, Dinas pertanian belum mencatat berapa kerugian warga atas musibah tersebut. Namun pemerintah berjanji akan menyediakan benih untuk para petani pada musim tanam pasca banjir.
Kadis Pertanian Konawe, Achmad Setiawan membenarkan upaya tersebut. "Petani tidak perlu khawatir bagaimana kedepannya. Kami akan menyediakan benih untuk seluruh petani padi se-Kabupaten Konawe yang hari ini dilanda musibah banjir," katanya. Achamd menuturkan, pasca banjir nanti pihaknya akan langsung melakukan pembenahan sarana dan prasarana pertanian. Setelah itu akan menyiapkan untuk musim tanam bagi para petani. "Saluran irigasi banyak yang rusak dan akan kami benahi dulu. Kami dan para petani akan langsung bekerja," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment