News Update :
Home » » Unhalu Kendari Buka Pendaftaran Lokal

Unhalu Kendari Buka Pendaftaran Lokal

Penulis : Ismail maha putra on Saturday, 6 July 2013 | 10:57

Seperti tahun sebelumnya, Unhalu kembali menjadwalkan pendaftaran gelombang III atau jalur lokal yang dilaksanakan pasca pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran ini, dibuka untuk program diploma/ekstensi, termasuk Prodi program sarjana yang tidak tepenuhi kuotanya.
Rektor Unhalu, Prof. H. Usman Rianse, menjelaskan jalur lokal tersebut sangat tergantung dengan daya tampung yang telah ditetapkan saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN tahun ini. "Kalau daya tampung terpenuhi maka kita tidak akan lakukan seleksi lokal, tapi kalau
daya tampung tidak terpenuhi maka dilakukan pendaftaran lokal. Untuk seleksi lokal nanti akan dilakukan dalam dua jalur yakni PPMP dan jalur tertulis dengan jalur online," tandasnya.
"Ada 3 jalur yang dibuka oleh Unhalu untuk menerima mahasiswa baru yaitu lewat SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi lokal atau seleksi mandiri. Seleksi lokal ini ada 2 bentuk yaitu jalur proses PPMP, dan ujian tertulis lokal," jelas Pembantu Rektor I Unhalu, Prof. H. La Karimuna.
Pihaknya masih menunggu keputusan hasil yang akan dinyatakan lulus lewat jalur SBMPTN. Jadi sementara menyiapkan diri menunggu hasil itu. Banyak yang akan gugur lewat jalur tersebut. Sebab, yang mendaftar lewat jalur itu sebanyak 8.115 orang, dengan memperebutkan 2 ribu kursi lebih.
Kemungkinan setelah penggumuman SBMPTN masih banyak yang akan mendaftar lewat jalur lokal, karena yang akan gugur sekitar 6 ribu orang lebih. Namun itu, setelah mereka mengikuti seleksi PPMP, masih akan ujian tertulis, untuk menguji kemampuan calon mahasiswa.
"Bagi mereka yang gugur lewat jalur SBMPTN, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi lokal atau seleksi mandiri. Jalur ini dibuka untuk mencari calon-calon mahasiswa yang memiliki minat, bakat, dan potensi untuk mengembangkan sumber daya alam (SDA) yang ada didaerah masing-masing, khususnya Sultra,"kata, Prof La Karimuna.
Bahkan saat ini, sudah ribuan yang mendaftar lewat jalur tersebut, dan sudah terdaftar pada pangkalan data. Pihaknya akan menerima sekitar 3.500 orang lewat jalur itu. Mereka akan di tempatkan pada berbagai program studi (Prodi) seperti Geologi, Geografi, minat Lingkungan, dan prodi-prodi lain yang ada di tingkat fakultas. Banyaknya prodi-prodi baru atau konsentrasi serta minat pada jenjang fakultas, maka pada tahun ini jumlah penerimaan mahasiswa baru bertambah.
"Pada tahun ini (2013-red) lebih banyak dibandingkan pada tahun 2012. Untuk tahun 2013 mahasiswa yang akan diterima sebanyak 8.500 orang. Sedangkan pada tahun 2012 mahasiswa yang diterima hanya berkisar 6 ribu orang lebih. Alasannya, untuk mengangkat potensi SDA yang ada disultra. Kemudian minat masyarakat untuk sekolah yang ada di Sultra lebih banyak. Diharapkan pada mahasiswa baru yang akan mengikuti selesksi lokal ini, supaya memilih prodi-prodi yang sesuai dengan potensi daerah dan alam seperti pertambangan, pertanian, perikanan, dan yang lainnya. Jelas Pembantu Rektor I Unhalu, Bagian Akademik ini.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger