Top Ads

Saturday 6 July 2013

10:59
Baubau
Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM (Disperindakop) Kota Baubau memastikan stok beras untuk melayani kebutuhan masyarakat Kota Baubau hingga satu bulan kedepan masih aman. Dengan kondisi tersebut maka kesiapan bahan pokok menghadapi bulan Ramadhan hingga lebaran masih tercukupi.
Kasi Pembina Usaha dan Perdagangan Disperindakop Kota Baubau, Syaifulah menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh dari para agen beras sekira dua minggu kedepan kapal yang memuat beras dari Sulawesi Selatan akan masuk di Kota Baubau dengan kapasitas 60 ton. Selain itu, saat ini berlangsung
kegiatan bongkar muat sedikitnya 150 kapal kecil yang membawa beras dari Kabupaten Bajoe. "Dengan jumlah stok yanag masuk maka sudah bisa kita pastikan kesiapan stok beras sampai dengan lebaran mendatang masih aman," tuturnya.
Dengan jumlah stok beras yang masih aman berdampak pada harga beras yang ada disejumlah pasar tradisional stabil. Berdasarkan data minggu ini harga beras jenis 788 masih bertahan dengan harga kisaran Rp 7.600 per kg dan jenis Maringgi tetap Rp 8.100 per kg. "Pasca ada kenaikan BBM memang kenaikan harga cukup terasa, namun kami bersama para pedagang telah melakukan komitmen agar menaikan harga setelah per satu juli atau sesudah stok lama habis," terang Syaifulah.
Kondisi terakhir memang diakui ada kenaikan harga dipasaran menjelang ramadhan ini. Namun kenaikan yang paling signifikan hanya terlihat pada harga telur yang semula seharga Rp 30 per rak menjadi 35 ribu. Kenaikan dikalkulasi mencapai 16 persen. Sementara untuk jenis sayur-sayuran terlihat turun karena banyaknya stok sayuran yang masuk dari luar Kota Baubau sehingga mempengaruhi harga yang ada disejumlah pasar tradisional.
Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, Disperindakop telah melakukan langkah antisipasi untuk menjaga kondisi stok sembako tetap aman. Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam menangani masalah seperti itu pihaknya selalu berkordinasi dengan Bulog Wilayah Kota Baubau. Bahkan jika melihat kondisi dipasaran mulai menunjukan kenaikan pihaknya bekerjasama dengan tim yang dibentuk oleh Bulog Kota Baubau untuk melakukan operasi pasar.
Langkah lain yang dilakukan, yakni menggelar pasar murah bekerjasama dengan sejumlah agen yang ada di Kota Baubau. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai minggu kedua bulan Ramadan yang dipusatkan disetiap titik kecamatan yang ada di Kota Baubau.

0 comments:

Post a Comment