Top Ads

Saturday 6 July 2013

10:52
Setelah sukses melaksanakan training course santri, Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Sultra menggelar seleksi program beasiswa santri berprestasi (PBSB). Ujian tertulis yang diikuti 33 santri, diselenggarakan di aula MAN 1 Kendari, Kamis (4/7).
Santri yang mengikuti PBSB berasal dari berbagai pondok pesantren (Ponpes), diantaranya Umusabri Kendari, An-nur Azzubaidi Konawe, Fastabiqul Khairat Kolaka Timur, Darul Arqam dan Al-mawaddah Kolaka, Subulussalam Muna, Syekh Wahid Baubau dan Nahdlatul Nathan Konawe Selatan.
Ketua Panitia, Yuni Susilo Wati, mengungkapkan, seleksi ini bertujuan memberikan motivasi dan bimbingan, serta menyaring santri terbaik yang ada di Sultra. Mereka diharapkan bisa memberikan peran positif pada pembangunan daerah kedepannya.
Peserta seleksi PBSB akan mengikuti beberapa tes, seperti tes potensi akademik, tes kepesantrenan, tes Bahasa Arab dan Bahas Inggris. Mereka yang lulus akan ditempatkan di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, diantaranya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Gunung Jati Bandung, IAIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Walisongo Semarang dan Syarif Kasim Riau.
Program beasiswa tersebut merupakan peluang para santri Ponpes untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka yang lulus, akan ditanggung fasilitas dan biaya hidupnya selama mengenyam pendidikan.
"Biasanya ada pendapat, untuk apa sekolah di ponpes yang didapat hanya mengaji, maka melalui program ini kami akan merubah image tersebut. program ini tidak akan jalan kalau ponpes tidak memotivasi santrinya agar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain," terang Yuni.

0 comments:

Post a Comment